Hasil Pertandingan Kroasia vs Spanyol 19 Juni 2012

Spanyol berhasil memastikan satu tempat di babak perempatfinal setelah menundukkan Kroasia 1-0 di laga terakhir Grup C. Gol tunggal La Roja dicetak Jesus Navas di menit-menit akhir laga.

Bertanding di PGE Arena, Selasa (19/6/2012) dinihari WIB, Spanyol memang lebih menguasai jalannya pertandingan.

ESPN Soccernet mencatat sang juara bertahan memiliki penguasaan bola sebesar 72 persen juga mendapatkan kesempatan 15 kali menembak dengan delapan kali mengarah sasaran. Sedangkan Kroasia hanya tujuh kali menembak dan tiga di antaranya on target.

Hasil ini mengantar Spanyol lolos sebagai juara grup dengan nilai tujuh poin dari tiga kali pertandingan. Di sisi lain, Kroasia tersingkir dengan perolehan empat poin, terpaut satu angka dari Italia yang jadi runner-up usai menang dari Republik Irlandia.

Di pertandingan selanjutnya, Spanyol akan menghadapi runner-up Grup D pada 23 Juni mendatang.

Jalannya Pertandingan
Baru tujuh menit berjalan, pertandingan sempat terhenti sebentar lantaran adanya nyala api yang diduga berasal dari tribun pendukung Kroasia.

Kerjasama apik antara Andres Iniesta dengan David Silva pada empat menit kemudian. Iniesta mencoba melakukan tendangan tapi belum menguji kiper Stipe Pletikosa.

Serangan Spanyol kembali menemui kegagalan. Di menit 23, tendangan Fernando Torres masih mampu diselamatkan Pletikosa. Demikian dengan upaya dari Sergio Ramos.

Krosia menghasilkan tembakan pertama pada dua menit kemudian. Sepakan Danijel Pranjic mengarah tepat ke Iker Casillas.

Ramos melanggar dan melukai Mario Mandzukic saat mencoba mengamankan bola di dalam kotak penalti. Tidak ada penalti untuk Kroasia.

Kroasia mendapat peluang emas setelah restart. Di menit 58, Casillas jatuh bangun menyelamatkan sundulan Ivan Rakitic yang didahului dengan umpan bagus dari Luka Modric.

Spanyol memperoleh sepak pojok sembilan menit berselang. Ramos melakukan sundulan namun bola melambung di atas mistar.

Satu peluang dibuang oleh pemain pengganti, Cesc Fabregas. Menerima umpan Iniesta, Fabregas terlalu lama menggocek bola sehingga tendangannya bisa diblok oleh pemain lawan.

Serangan balik Kroasia di menit 79. Tembakan keras Ivan Perisic, pemain yang baru masuk, bisa dihalau oleh Casillas. Skor masih 0-0.

Iniesta! Empat menit berselang, Fabregas menemui Iniesta yang diteruskan dengan tembakan mendatar. Bola masih mudah diamankan Plestikosa di tiang dekat.

Gol! Spanyol akhirnya memecah kebuntuan di menit 88 melalui Jesus Navas. Fabregas mengirim operan kepada Iniesta yang diteruskan kepada Navas untuk disepaknya kencang-kencang ke gawang Kroasia.

Susunan Pemain:

Kroasia: 1-Stipe Pletikosa; 21-Domagoj Vida (9-Nikica Jelavic 65′), 5-Vedran Corluka, 13-Gordon Schildenfeld, 2-Ivan Strinic; 7-Ivan Rakitic, 8-Ognjen Vukojevic (22-Eduardo 81′); 11-Darijo Srna, 10-Luka Modric, 6-Danijel Pranjic (20-Ivan Perisic 65′); 17-Mario Mandzukic

Spanyol 1-Iker Casillas; 17-Alvaro Arbeloa, 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba; avi, 16-Sergio Busquets, 14-Xabi Alonso; 21-David Silva (10-Cesc Fabregas 73′), 9-Fernando Torres (22-Jesus Navas 60′), 6-Andres Iniesta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s