Lion Air: Pilot Konsumsi Sabu di Luar Kendali Kami

Maskapai penerbangan Lion Air menegaskan telah melakukan upaya untuk menanggulangi penggunaan narkoba di kalangan pilot dan krunya. Namun jika masih ada pilot maupun kru yang menggunakan obat terlarang, maka itu diluar kendali dari perusahaan.

“Kita sudah berupaya melakukan pencegahan maupun upaya penanggulangan lainnya, seperti mengambil sample urine, melakukan sosialisasi. Namun jika masih ada oknum pilot yang menggunakan obat terlarang, itu di luar kendali,” ujar Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait, Sabtu (4/2/2012).

Dia menambahkan masalah penggunaan obat terlarang oleh pilot kembali pada pribadi masing-masing. Alasannya, perusahan tidak bisa mengetahui aktivitas seseorang selama 24 jam. Sebab jika orang yang berpedoman dengan aturan, pastinya sudah sangat mengetahui bahwa itu dilarang dan sangat membahayakan banyak orang.

Edward Sirait

“Mereka pastinya sudah mengetahui apa yang boleh dan apa yang tidak, di aturan kita sudah jelas, dan sudah jelas mengkonsumsi obat-obatan itu dilarang. Jadi jika masih ada yang melanggar, tentunya itu perbuatan pribadi, dan kita prihatin, karena hal itu bisa membahayakan penumpang,” jelasnya.

Lebih lanjut Edward juga mengatakan tindakan BNN yang menangkap pilot yang mengkonsumsi sabu patut diapresiasi. Hal ini karena bisa mencegah terjadinya hal-hal yang bisa menggangu keselamatan penerbangan. “Untuk sanksi kita serahkan pada proses hukum yang berjalan. Tentunya kita ada peraturan perusahaan mengenai apa sanksi bagi pilot yang melanggar hal tersebut. Ke depan kita akan meningkatkan pembinaan, pengawasan agar mereka sadar,” ujarnya.

Sebelumya petugas BNN menangkap SS, seorang pilot dari Lion Air yang mengkonsumsi sabu di kamar 2019, Hotel Garden Palace, pada Sabtu (4/2/2012) dini hari sekitar pukul 03.30 WIB. Dari tangannya petugas menyita alat hisap sabu atau bong berisi sabu 0,04 gram.

SS merupakan pilot dari maskapai penerbangan Lion Air, yang hendak terbang dari Surabaya ke Makassar, Balikpapan dan kembali ke Surabaya. Saat ditangkap ada tiga pilot lainnya yang berada di dalam kamar dan tengah main kartu. Namun dari tes urine yang positif hanya SS. Saat ini pilot tersebut dibawa ke Jakarta untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s